Sunday 20 October 2013

Tantang Android, Ubuntu untuk Smartphone Meluncur


Jakarta - Android mendapat penantang baru. Setelah melalui proses yang cukup lama dalam pengembangannya, akhirnya sistem operasi Ubuntu untuk smartphone resmi diluncurkan Canonical.

Namun pada awalnya Ubuntu yang mengusung sandi Saucy Salamander ini hanya diperuntukkan bagi para pengembang aplikasi dan produsen smartphone.



Tujuannya adalah untuk membangun ekosistemnya, sementara untuk produsen smartphone bertujuan agar produsen dapat mengembangkan hardware yang sesuai untuk adaptasi Ubuntu.

Selain sistem operasinya sendiri, Ubuntu yang masuk dalam versi 13.10 ini seperti detikINET kutip dari Phone Arena, Jumat (18/10/2013), juga telah menyertakan beberapa aplikasi standar di dalamnya yang terdiri dari browser, clock, weather, dan kalkulator.

Sayangnya belum jelas kapan smartphone pertama Ubuntu diluncurkan, namun diperkirakan bakal mulai dilakukan produsen smartphone pada kuartal awal tahun 2014 mendatang.

Canonical selaku pembesutnya juga menjanjikan bahwa saat smartphone pertama Ubuntu dilepas ke publik, pasar aplikasi Ubuntu Software Center juga akan diluncurkan bersamaan.

Menariknya, sistem operasi yang juga dikenal dengan sebutan Ubuntu Touch tersebut saat ini secara resmi telah dapat digunakan pada perangkat Galaxy Nexus, Nexus 4, dan Nexus 7 2012.

Sedangkan versi tak resminya yang telah banyak diutak-atik oleh komunitas Ubuntu disebutkan juga telah dapat digunakan pada perangkat Galaxy S, Galaxy S II, Galaxy S III, dan Galaxy Note II.

(yud/ash)

Sumber

0 comments :

Post a Comment

PPC Iklan Blogger Indonesia

 
Design by Steveben | Bloggerized by Steveben - Warung Ngoprek Android "NDORO"