Thursday 10 October 2013

Android Bikin Penjualan PC Merana

Jakarta - Dalam beberapa tahun terakhir, penjualan komputer terus menurun. Bahkan kini sudah mencapai titik terendah jika diukur dari penjualan sejak tahun 2008.

Menurut biro riset Gartner, hingga kuartal ketiga 2013 ini pengapalan PC hanya mencapai 80,3 juta unit. Turun 8,6% dibanding kuartal sebelumnya. Bahkan ini disebut-sebut sebagai penjualan terburuk komputer selama 5 tahun.



Dari data yang dirilis terlihat bahwa penurunan terbesar terjadi di wilayah Eropa, Timur Tengah, dan Afrika dengan angka mencapai 13,7%. Kemudian diikuti Asia Pasifik yang turun 11,2%. Sedangkan di Amerika Serikat pasarnya masih tumbuh walau hanya sebesar 3,5%.

Terus terpuruknya penjualan komputer sedikit banyak dipengaruhi oleh peredaran tablet Android yang semakin marak, dan murah.

"Tablet Android yang semakin terjangkau menjadi pilihan utama para pengguna di negara berkembang. Sedangkan negara maju banyak yang memakai tablet sebagai perangkat kedua," kata analis gartner, Mikako Kitagawa.

Data terakhir Gartner juga menuliskan bahwa Lenovo kini memimpin pasar komputer dengan market share sebesar 17,6%. Diikuti oleh HP yang berhasil menjual sebanyak 13,7 juta unit dengan pangsa pasar 17,1%. Berikut adalah peringkat 5 besar para pemimpin pasar komputer dunia, seperti dikutip detikINET dari PC World, Kamis (10/10/2013).



0 comments :

Post a Comment

PPC Iklan Blogger Indonesia

 
Design by Steveben | Bloggerized by Steveben - Warung Ngoprek Android "NDORO"